TOEFL PREPARATION

  1. Apakah TOEFL itu?

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes bahasa Inggris yang dirancang untuk mengukur penguasaan bahasa Inggris mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Tes ini dikembangkan dan diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) sebuah lembaga nirlaba yang berkedudukan di Amerika Serikat dan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1964. Nilai TOEFL biasanya merupakan salah satu persyaratan masuk di sejumlah 2400 perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan 80 negara lainnya di dunia (ETS: 1999).

  1. Kemampuan apa saja yang diuji dalam tes TOEFL?

Ada tiga bagian tes TOEFL yang harus dikerjakan oleh peserta tes. Bagian pertama adalah soal-soal yang mengukur kemampuan Listening Comprehension dalam jumlah 50 soal, Structure & Written Expression , 40 soal, dan Reading Comprehension, 50 soal. Keseluruhan soal dibuat dalam bentuk pilihan berganda (kecuali untuk Computer Based TOEFL ada soal esai yang menguji kemampuan mengarang peserta dalam bahasa Inggris serta variasi lain bentuk soal seperti menjodohkan, meng highlight kata tertentu yang ada kaitannya dengan main idea suatu bacaan, dll.). Keseluruhan tes berlangsung dalam waktu kurang lebih 150 menit, untuk Paper and Pencil Based TOEFL, dan kurang lebih 240 menit untuk Computer Based TOEFL. Waktu yang relatif lama untuk Computer Based TOEFL ini sudah termasuk prosedur tutorial.

  1. Ada berapa jenis tes TOEFL?

Terdapat dua jenis tes TOEFL, yaitu 1) Paper and Pencil Based TOEFL; dan 2) Computer Based TOEFL. Jenis tes TOEFL yang pertama adalah tes TOEFL yang kita kenal selama ini, dimana baik soal maupun jawaban dikerjakan dengan menggunakan kertas dan pensil. Sedangkan jenis tes TOEFL yang kedua adalah model tes yang relatif baru karena pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998. Seperti yang tertera pada namanya, tes ini menggunakan komputer dalam penyampaian soalnya dan peserta tes akan menjawab tes ini juga melalui komputer.

  1. Selain kedua jenis tes diatas, apakah masih ada jenis tes TOEFL lainnya?

Untuk keperluan pra-seleksi ataupun keperluan intern suatu lembaga, maka ETS sebagai lembaga pengembang dan penyelenggara tes TOEFL juga menyelenggarakan TOEFL ITP (ITP= Institutional Testing Programme). Jumlah soal dan tingkat kesulitan TOEFL ITP tidak berbeda dengan Paper and Pencil Based TOEFL maupun Computer Based TOEFL, karena memang soal-soal yang digunakan pada TOEFL ITP adalah soal tes TOEFL yang telah pernah digunakan sebelumnya. Perbedaan yang perlu diketahui oleh mereka yang merencanakan mengikuti tes TOEFL adalah bahwa skor yang diperoleh dari TOEFL ITP dalam pengunaannya terbatas. Perguruan tinggi di Amerika, misalnya, hanya akan menerima skor yang diperoleh dari Paper and Pencil Based TOEFL atau Computer Based TOEFL. Perbedaan lainnya adalah dalam hal biaya tes. Saat ini biaya Paper and Pencil Based TOEFL maupun Computer Based TOEFL adalah sebesar US $ 110, sedangkan TOEFL ITP biayanya relatif lebih murah yaitu sebesar US $ 25. Perlu juga diketahui bahwa Paper and Pencil Based TOEFL dan Computer Based TOEFL hanya diselenggarakan di Test Center tertentu dengan jadwal tes yang telah ditentukan jauh hari sebelumnya, sedangkan TOEFL ITP jadwal penyelenggaraannya lebih fleksibel dan di Indonesia dilaksanakan oleh IIEF (The Indonesian International Education Foundation) dengan berkoordinasi dengan pusat bahasa yang ada di perguruan tinggi negeri.

Selain TOEFL ITP, juga ada TOEFL Prediction/Equivalent Test yang biasanya digunakan untuk memperkirakan skor TOEFL seseorang sebelum yang bersangkutan mengikuti tes TOEFL lainnya (Paper and Pencil Based TOEFL, Computer Based TOEFL, TOEFL ITP). Jenis tes TOEFL Prediction ini pada umumnya diselenggarakan oleh lembaga/pusat bahasa atau tempat-tempat kursus yang menyelenggarakan pelatihan TOEFL.

5. Apakah ada perbedaan dalam sistim penilaian Paper and Pencil Based TOEFL, Computer Based TOEFL, TOEFL ITP dan TOEFL Prediction Test?

Benar, sistim penilaian atau skor yang digunakan untuk Paper and Pencil Based TOEFL, TOEFL ITP, TOEFL Prediction Test dan Computer Based TOEFL memang berbeda. Hal ini dilakukan tentu dengan maksud agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam penafsiran skor yang dilaporkan peserta tes. Rentang skor yang digunakan oleh Paper and Pencil Based TOEFL, TOEFL ITP, dan TOEFL Prediction Test adalah 310 (nilai terendah) s.d 677 (nilai tertinggi), sedangkan untuk Computer Based TOEFL, nilai terendah adalah 0 dan nilai tertinggi 300 (TOEFL Score User Guide, 2000-2001). Tingkat kesulitan soal untuk keseluruhan jenis tes ini tentu saja sama, sehingga dapat dikatakan mereka yang memperoleh skor 677 pada Paper and Pencil Based TOEFL diperkirakan akan memperoleh skor 300 pada Computer Based TOEFL, dan sebaliknya jika seorang peserta tes memperoleh skor 213 dalam tes TOEFL yang menggunakan komputer (Computer Based TOEFL), maka skor yang bersangkutan pada Paper and Pencil Based TOEFL adalah 550.

  1. Bagaimana hubungan skor yang diperoleh dengan tingkat penguasaan bahasa Inggris seseorang?

Secara umum kita mengenal tiga level penguasaan bahasa asing, yaitu Tingkat Dasar (Elementary), Tingkat Menengah (Intermediate), dan Tingkat Mahir (Advanced). untuk skor TOEFL, para ahli bahasa biasanya mengelompokkan skor ini kedalam empat level berikut ( Carson, et al., 1990):

· Tingkat Dasar (Elementary) : 310 s.d. 420

· Tingkat Menengah Bawah (Low Intermediate) : 420 s.d. 480

· Tingkat Menengah Atas (High Intermediate) : 480 s.d. 520

· Tingkat Mahir (Advanced) : 525 s.d 677

Dari klasifikasi skor diatas, mungkin muncul pertanyaan seandainya tes TOEFL diberikan pada mahasiswa Amerika, misalnya, apakah mereka akan kesulitan mengerjakan soal-soal TOEFL? Studi yang dilakukan oleh Johnson (1977) menyebutkan bahwa skor rata-rata yang diperoleh oleh 173 mahasiswa tahun pertama dan kedua di Universitas Tennessee, Amerika Serikat, adalah 628. Artinya, bagi penutur bahasa Inggris sendiri, soal-soal TOEFL bisa dikerjakan dengan mudah, terbukti dari skor yang mereka peroleh yang berada pada level Mahir atau Advanced.

Dengan mengetahui klasifikasi tingkat penguasaan bahasa Inggris seperti yang terlihat diatas, kita tentu bisa memaklumi bahwa sangatlah beralasan mengapa perguruan tinggi di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya, mensyaratkan skor TOEFL tertentu bagi calon mahasiswa internasional mereka. Untuk bisa diterima di program S1, skor yang umumnya mereka tetapkan adalah sekitar 475 s.d. 550, sedangkan untuk masuk program S2 dan S3 persyaratan skor TOEFLnya lebih tinggi lagi yaitu sekitar 550 s.d. 600.

Pertanyaan yang sering mengemuka di forum-forum diskusi para pengajar Bahasa Inggris di Indonesia adalah berapa seharusnya penguasaan bahasa Inggris seorang mahasiswa di Indonesia agar mereka mampu menambah wawasan keilmuannya melalui bacaan yang ditulis dalam bahasa Inggris? Penguasaan pada level Dasar (Elementary) tentu tidak akan memberi kontribusi yang berarti bagi para mahasiswa di Indonesia dalam hal upaya peningkatan pengetahuan melalui buku-buku teks/pengetahuan yang ditulis dalam bahasa Inggris. Diperlukan penguasaan minimal pada level Menengah Atas (High Intermediate) agar para mahasiswa bisa menyerap materi perkuliahan yang ditulis dalam bahasa Inggris dengan relatif mudah.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia telah menetapkan skor TOEFL tertentu bagi para mahasiswanya (Huda, 1999). Dalam kaitannya dengan upaya peningkatan kualitas lulusan perguruan tinggi, peraturan yang mengharuskan mahasiswa perguruan tinggi memiliki penguasaan TOEFL sampai pada tingkat tertentu diharapkan akan berdampak positif dan seharusnya kita dukung. Penguasaan bahasa Inggris yang baik diharapkan akan dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan bekerja pada tingkat global, suatu kondisi kerja dimasa depan yang perlu kita persiapkan sejak sekarang.

7. Kapan dan dimana seseorang bisa mengikuti tes TOEFL?

Paper and Pencil Based TOEFL dan Computer Based TOEFL hanya bisa ditempuh pada waktu tertentu yang telah terjadwal jauh hari sebelum tes diselenggarakan. Tempat atau testing center dimana kedua tes ini diselenggarakan juga telah ditentukan oleh ETS sebagai pemegang lisensi tes TOEFL. Kedua macam tes TOEFL yang diselenggarakan di testing center tertentu tsb. biasa juga disebut International TOEFL. Hal ini dimaksudkan untuk membedakan keduanya dengan TOEFL ITP dan TOEFL Equivalent/Prediction.

Sedangkan untuk mengikuti TOEFL ITP, peserta tes harus menghubungi Institusi yang telah ditunjuk oleh IIEF Jakarta sebagai tempat pelaksanaan. Untuk pelaksanaan TOEFL ITP diperlukan peserta minimal 10 orang. Balai Bahasa Unmul sejak tahun 2001 merupakan salah satu institusi yang berhak menyelenggarakan TOEFL ITP.

Jenis tes TOEFL Prediction/Equivalent merupakan jenis tes yang paling fleksibel pelaksanaannya. Di Balai Bahasa Unmul, tes ini juga merupakan tes yang paling banyak diikuti oleh mereka yang ingin mengukur penguasaan bahasa Inggris untuk berbagai keperluan. Setiap saat peserta tes dapat mengikuti tes ini dengan menghubungi Balai Bahasa Unmul minimal satu hari sebelum hari penyelenggaraan.

8. Anda masih memerlukan informasi lebih jauh mengenai tes TOEFL?

65 Tanggapan

  1. saya ingin mengetahui tempat dimana saja yang menyediakan tes TOEFL di yogyakarta dan kira-kira biayanya berapa.

  2. saya sudah berulang kali mengikuti test toefl
    tapi untuk mencapai nilai 500 saja sulit
    saya berasal dari aceh, dan saya mendapat info untuk bisa mengikuti beasiswa S2 ke Amerika

    yaitu program beasiswa bagi korban tsunami

    apakah bapak dapat memberikan bantuan agar saya dapat memperoleh legalitas ataupun berupa surat keterangan nilai toefl sebesar 550. karena itu hanya sebagai syarat formal
    agar saya dapat mengikuti pendidikan bahasa inggris (program berbahasa inggris) yang panitia tanggung.

    mereka minta kepada saya surat tersebut
    dan waktunya hanya tinggal 1 bulan lagi

    saya berharap bapak dapat membantu saya

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    saya dari daerah bencana

    berharap dapat membangun kembali daerah dengan menambah kemampuan saya

    wasalam
    Endra

    • emangnya test itu berasal dari Indonesia yang nilainya bisa diatur???
      Kalaupun anda dapat surat itu anda akan mengalami kesulitan untuk belajar di sana, biasanya mereka minta surat yang dikeluarkan resmi oleh ETS

  3. Saya mahasiswa S2 yang akan melanjutkan S3 ke luar negeri, namun nilai TOEFL yang saya miliki masih di bawah 550. saya diberi kesempatan sampai bulan Juni 2007 untuk mendapat nilai tersebut. saya mohon bantuan dari Bapak.

    mudah-mudahan bapak dapat membantu saya mencapai nilai 550 atau bahkan lebih.

    Terima kasih.

    hormat saya,
    Budi Hartono

  4. saya pendidik yang mengantarkan anak didik saya untuk lulus Unas, bagaimana cara mengatasi agar dapat berhasil semua.

  5. Mohon disampaikan secara rinci mengenai kursus Toefl, biaya dan kapan bisa dimulainya kursus tersebut. Saya sangat berminat untuk mengikutinya sebagai persiapan untuk mengikuti pendidikan S2. Terimakasih

  6. Saya pernah ikut test TOEIC memang saya mendapat nilai yang kecil, jika ingin ikut toefl kita harus punya nilai 500. Bagaimana jika saya ingin mencoba ikut test Toefl, apa saya harus ikut test Toeic lagi.apa bisa langsung saja.

  7. saya ingin menanyakan mengenai lembaga yang dapat mengadakan test toefl internasional di bogor bukan toefl prediction spt ILP or EF. trims

  8. saya seorang perempuan dan berencana melanjutkan jenjang pendidikan tkt S2, mohon diberikan informasi jadwal tes toefl tahun ini di daerah sulawesi (makassar dan kendari). Terima Kasih.

  9. TOLOOONG
    TOOOLONG

    segera, berikan saya tipssss…
    Hari minggu ada test TOEFL,
    toloong segera kirim ke
    Negara.Gm41L@gmail.com

  10. september 2007 saya akan aply scholarship di jerman. dibutuhkan syarat toefl 550. saya sangat ingin bs lulus dan mendapatkan sertifikat lulus test toefl. namun karena harus ikut uji test yang mahal dan mungkin sulit, bisakah saya melalui forum ini mendapatkan sertifikat lulus test toefl. dan bgmn syarat dan caranya? terima asih

  11. Saya sudah membaca artikel di atas, dan menurut saya ini sangat bagus sekali. Tapi mungkin akan lebih baik jikalau ada tips-tips supaya mendapat nilai besar dalam tes TOEFL. Ya minimal saya bisa dapat 550 untuk TOEFL saya, soalnya nilai TOEFL terkahir saya hanya 513 saja. Terimakasih.

  12. terima kasih atas artikelnya, saya jadi lebih mengerti dengan TOEFL. Saya pernah mengikuti preparation test yg diselenggarakan oleh salah satu lembaga di kampus saya, dan score yang saya peroleh hanya 430. Score tersebut masih jaudh di bawah standar.Saya selama ini belum pernah mengikuti course khusus untuk TOEFL.Saya juga setuju dengan usulan saudara Pekarasa, mengenai tips-tips supaya bisa mendapat nilai besar dalam tes TOEFL. saya juga ingin mengetahui tempat dimana saja yang menyediakan tes ITP TOEFL di Yogyakarta. Terima kasih

  13. Dear all,

    saat ini saya sedang persiapan untuk bimbingan khusus persiapan test TOEFL. Guru nya sudah ada. Namun temen team bimbingan persiapan nya yg masih kurang. Posisi saya ada di Kota Tangerang.
    Bagi yg mau ikutan join bisa email ke saya ngamino@gmail.com

    Thanks

  14. saya ingin melanjutkan s2 keluar, untuk itu saya perlu tes toefl. namun sblmnya saya igin bimbingan buat persiapan toefl. kira2 dimana saya bisa mendapatkan tempat bimbingan tes toefl dengan biaya yang limayan murah.. karena setau saya bimbingan buat toefl itu sangat mahal
    mohon untuk mengirimkan saya alat tempat bimbingan tofl tersebut.
    terimakasih

  15. Saya sangat tertarik untuk belajar bahasa Inggris..terutama penguasaan grammar…saya sangat berharap bapak dapat membantu saya menemukan tempat kursus TOEFL yang murah dan bermutu. karena saya hanya seorang karyawan swasta yg berpenghasilan sangat rendah, tapi memiliki motovasi untuk maju. Dan mengajar anak-anak yang tak mampu. Terima kasih.

  16. Saya ingin mengikuti TOEFL ITP (not preparation) di Surabaya, dimana saya bisa mengambil tes itu? Dimohon balasan secepatnya.

  17. saya ingin mengikuti test toefl di jakarta, dimana kira2 saya bisa mengambil tes trsbt? mohon balasan nya secapatnya:-) termkasih

  18. saya ingin mengikuti tes toefl lagi…skor saya baru 200…tapi di daerah purworejo, khususnya yang dekat sma widya kutoarjo di mana?saya cuma gtt…syukur2 ada yg gratis…please,what a pity i am..

  19. saya mau tahu, kalo ingin mengikuti test TOEFL ini, adakah syarat yang harus di penuhi mengingat saya Mahasiswa semester 3 Sastra inggris Universitas UDayana, Bali dan ingin melanjutkan ke luar daerah.

    mohon informasinya.
    trims

  20. saya mahasiswa kedokteran YARSI wajib lulus test toefl untuk mengambil gelar dokter, saya ingin lulus test murni tidak “nembak”,bagaimana kiat-kiatnya agar saya lulus test,thanks

  21. Saya ingin mengikuti ITP-TOEFL untuk peningkatan karier saya, tapi saya ingin score 550, bagaimana caranya untuk memaksimalkan kemampuan bahasa Inggris saya, mohon bantuannya.

  22. Buka kursus Toefl nya di surabaya donk!
    Di surabaya kursus Toefl mahal

  23. Data tempat test TOEFL di Jakarta di mana saja? Dan dari tempat-tempat tersebut, yang akan mengadakan test antara tanggal 29 Januari sampai 1 Februari di mana? Karena pada tanggal tersebut saya akan berada di Jakarta. Domisili sementara saya di Banda Aceh.
    Untuk tes TOEFL via internet apa = Computer TOEFL? bagaimana sertifikasinya? Terima kasih.

  24. test TOEFL untuk tahun 2008 kapan?Data tempat test TOEFL di Jakarta di mana saja? biayanya berapa? ada tipsnya ga kalau nilainya bisa 550??

  25. Test TOEFL ITP di Bandung, bekerja sama dengan institusi mana ya?

  26. Test Toefl yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat kapan? saya sekarang mengajukan beasiswa yang hanya tinggal 1 bulan waktunya.Persyaratannya harus mempunyai nilai min 550. Saya berminat untuk kursus toefl dan tes. Biayanya berapa ya?
    Terima kasih

  27. saya mw nanya alamat ilp di daerah bogor dimana sih,,,????
    plus no telp nya juga yah…
    tolong balas segera,,,
    saya mw tes disana…!!!!

    trimakasih….

  28. saya mahasiswa pts di jogja
    sarat lulus kuliah harus dengan skor toel minimal 550.
    mohon bantuannya. bulan februari ini harus sudah terkejar pak..makasih sebelumnya

  29. saya butuh informasi kapan tes TOEFl ada lagi di Jember atau di Surabaya???karena saya ingin ikut tes TOEfl itu.saya benar-benar butuh informasi itu.kalau bisa dikirim ke email saya.terima kasih banyak….

  30. Sayu butuh informasi kapan test TOEFL diadakan untuk area sulawesi tengah/selatan, untuk mengikuti program Beasiswa S2 yang mau diusulkan sekitar bulan maret, tempat tinggal saya daerah terpencil, tolong dong….

  31. saya ingin melanjutkan study S2dengan syarat toefel 500,sedangkan saya blm pernah mengadakan latihan secara khusus, mohon sekali dikirimkan ke alamat saya ini test toefel tertulis sebagai panduan saya untuk mengikuti test toefel nantinya,

  32. saya ingin melanjutkan study S2dengan syarat toefel 500,sedangkan saya blm pernah mengadakan latihan secara khusus, mohon sekali dikirimkan ke alamat saya ini test toefel tertulis sebagai panduan saya untuk mengikuti test toefel nantinya,kirim ke alamat kami di
    comala_cute@yahoo.co.id…saya mohon anda dapat menolong saya….terima kasih sebelumnya

  33. kira-kira ada tempat buat kursussnya ga didaerah jember???aq pngen iktan kursusnya dulu baru ikutan testnya.

  34. ada tempat kursusnya gak?terutama didaerah jember.kalo ada tollong kasih infonya ya!makasih

  35. pengen latihan soal grammar online : http://toefl-test-collection.blogspot.com

  36. coba tes grammar dan download soal ujian bahasa inggris di english4smu.com

  37. saya mahasiswa S1 d Jember….mau tanya, dimana saya bisa mendapatkan test TOEFL…saya membutuhkannya untuk kuliah lanjutan S2….mohon jawabannya…..

  38. test OTP toefl di semarang ada g sih?? kalau di jogja?? alamatnya mana ya +no.telp??
    harus test sebelum 10 okt neh, tlg di bales ya…
    makasih…

  39. test ITP toefl di semarang ada g sih?? kalau di jogja?? alamatnya mana ya +no.telp??
    harus test sebelum 10 okt neh, tlg di bales ya…
    makasih…

  40. kalo tes ITP d bogor dmana ya kira2 ?

  41. dulu saya pernah ikut tes TOEFL, dan hasilnya buruk, tapi sekarang saya memperoleh dollar, hanya dengan menulis artikel singkat berbahasa inggris.
    menurut saya ini peluang ini masih sangat terbuka.
    silakan simak saja posting saya “cuma nulis artikel singkat doang bisa jadi uang” di link ini:
    http://www.tinyurl.com/2cal2hu

  42. Bisa tolong info TOEFL (resmi) di Bandung dimana?
    Alamat & no tlp please…
    Thank you :)

  43. jUst ..
    nice ..

  44. saya pengen sekali mendapat sertifikat toefl dengan score 550, tp kemampuan saya tentang bhs ingris masih dasar,menurut bapak apa yang harus saya lakukan… mohon pendapatnya…. berikan almat lembaga yang akan menjadi tempat kursus…

  45. @Alyen Creater: Untuk memperoleh skor Toefl 550 bukanlah hal yang mudah namun tidak berarti sulit. Semuanya tergantung persiapan Anda. Kalau Anda merasa kemampuan dasar Anda belum memadai, sebaiknya Anda perlu belajar lebih serius lagi. Saya menyarankan kepada Anda untuk mengikuti kursus Toefl di tempat Anda berdomisili. Kalau kemampuan dasar Anda sudah memadahi, sebaiknya Anda mengikuti tes Toefl yang biasanya diselenggarakan di tempat kursus bahasa Inggris atau institusi lain seperti kampus yang sudah mempunyai lisensi menyelenggarakan tes Toefl. Dengan demikian Anda akan mengetahui kelemahan Anda pada bagian tes Toefl (listening, grammar atau reading). Mudah – mudahan bermanfaat.

  46. info yang saya dengar dari teman kalau TOEFL ITP itu beda degan PPB TOEFL. harga ITP pun lebih mahal dan jadwalnya tidak tentu, setidaknya 20 orang yang mendaftar baru akan dilayani tes nya~.
    mana yang benar ya?

  47. dimana dan bagaimana saya bisa mengikuti test toefl yg dari ETS. mohon dengan sangat jawabannya, kirim ke rizqpujilestari@yahoo.co.id, skli lg terimakasih

  48. saya dari Tuban Jawa timur pak, mau mengikuti pertukaran pelajar ke Australia dan nilai Toefl saya harus 500, Bisa tidak pak kasih info tentang tempat test toefl saja tanpa pembinaanya. sekian terima kasih.

  49. Ada les toefl yang gratis gak?

  50. Ada materi toefl yang gratis lengkap dengan softwarenya barangkali bermanfaat untuk agan-agan semua
    http://nilaiserah.blogspot.com/search/label/TOEFL%20SECRET

  51. IBT TOEFL di daerah Tangerang, tepatnya di mana ya…

  52. saya dr Pulau Belitung mau nanya kalau di Bandung dimana ada test TOEFL dan kpn jadwalnya serta biayanya? adakah pelatihan sebelum megikuti test itu? teri kasih, ILFA BELITONG

    • Tempat Tes TOEFL ITP di Sumatera

      Bagi teman-teman yang butuh tempat tes TOEFL ITP di seluruh Sumatera, berikut daftar-nya:

      ACEH

      Pusat Bahasa Univ. Syiah Kuala
      Kampus Darussalam
      Banda Aceh 23111
      Ph: 0651-7412665; 51705

      BANGKA BELITUNG

      Universitas Bangka Belitung
      Jl.Rasa Kunda No.1 Bukit Intan
      Pangkal Pinang 33125
      Ph: 0717-422145

      BATAM

      Universitas International Batam
      Jl. Gajah Mada, Baloi Sei Ladi
      Batam – Kepulauan Riau
      Ph: 0778-7437111

      BENGKULU

      Universitas Bengkulu
      Gedung R.Jl. Raya Kandang Limun
      Bengkulu
      Ph: 0736 342 305

      JAMBI

      UNIVERSITAS JAMBI
      Kampus UNJA TelanaipuraJl.A. Manap
      Jambi 36122
      Ph: 0741 63121

      LAMPUNG

      FKIP UNILA
      Universitas Lampung
      Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1
      Bandar Lampung 35145
      Ph: 0721 770 884
      UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati
      Jl. Pramuka 27, 3rd Floor
      Bandar Lampung
      Ph: 0721-271115

      MEDAN

      AMINEF – Medan
      YPPIA (Yayasan Persahabatan Indonesia
      Amerika)Jl. Dr. Mansur III No. 1A
      Medan 20121
      Ph: 0681-8211074

      PADANG

      I T I Padang
      Jl. Rohana Kudus No.67
      PadangSumatera Barat
      Ph: 0751 841085/31650
      Universitas Andalas
      Jl.Aru – Komplek Pemda no.252Lubuk
      Begalung
      Padang 25221
      Ph: 0751.72907

      PALEMBANG

      English Language Center Univ. Bina Darma
      Kampus B, Lt. 2, Jl. Jend A. Yani No. 3
      Palembang 30264
      Ph: 0711-515583
      UNIVERSITAS SRIWIJAYA
      Jl. Srijaya Negara
      Bukit Besar
      Palembang 30139
      Ph: 0711 354981
      Pascasarjana Universitas Sriwijaya
      Jl. Padang Selasa No. 524Bukit Besar
      Palembang 30139
      Ph: 0711 362925

      PEKANBARU

      UP2B Universitas Riau
      Laboratorium Bahasa, Kampus Bina
      WidyaSimpang Panam
      PekanbaruRiau 28293
      Ph: 08127616342
      Language Training Institution (LTI)
      Jl. Jend. A. Yani No. 132B
      Pekanbaru
      Ph: 0761-885041

  53. Terima kasih banyak atas infonya :D

  54. Kalau di Jakarta tempat les TOEFL dimana ya? saya butuh secepatnya kursus tersebut ! kalau tau email ke jayanthi.shekar111@gmail.com , terima kasih !

  55. Saya mahasiswa S1, saya bodoh sekali dalam bahasa inggris, toefl saya aja gak sampai 300..bagusnya saya ikut toefl yang level apa?terimakasih balas di email saya ya pak. darko.saptamto@gmail.com atau di facebook saya Triwidarko Abdie Negara

  56. Izin share yaa :)
    Kalau mau belajar TOEFL, bisa juga lho dengan melalui ini:

    http://www.carajawab.com/?id=jluasdi

    Metode dan sarana belajar yang mudah dimengerti karena pembahasan dalam bahasa Indonesia, mandiri, kapan saja bisa belajar, dan bisa test online… Banyak fitur yang bisa digunakan.
    Semoga membantu ya ^^
    Trima kasih

  57. kalo di daerah bali, tes toefl dimana ya? yang gak pake kursus dulu… langsung tes… soalnya nanya di EF, harus ikut kursusnya dulu… kelamaan.. butuh urgent…

  58. informasi lengkap mengenai TOEFL ITP, IBT, TOEIC dan IELTS (daftar test center seluruh indonesia, informasi pendaftaran serta jadwal dan lokasi pelaksanaan test) di englishdashboard.blogspot.com

Write Your Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: