Belajar bahasa Inggris yang efektif

Saya akhirnya ikutan milis beasiswa, siapa tahu nanti bisa dapet rejeki beasiswa. Banyak ulasan dalam milis tersebut, informasi dan termasuk curhat. Satu syarat utama untuk mendapatkan beasiswa adalah TOEFL, yang menjadi ukuran canggihnya bahasa Inggris sang pelamar beasiswa. Di milis pun terdapat berbagai trik untuk bisa lulus TOEFL dengan nilai tinggi. Herannya, tidak ada tips untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik, apalagi bagaimana caranya mencintai bahasa asing tersebut. Padahal menurut saya, pentingnya bahasa Inggris itu tidak hanya untuk dapat nilai TOEFL 600 ke atas, tapi untuk bisa berkomunikasi dengan dunia luar dan masyarakat internasional.

Mungkin ada yang bilang saya pemimpi dan bahwa tidak semua orang punya kesempatan ke luar negeri. Tapi coba bayangkan, kita hidup tidak sendiri, masih banyak orang di luar batas negara Indonesia dan masih banyak kesempatan di luar batas negara Indonesia. Berbekal bahasa Inggris, itu artinya akan membuka kesempatan kita ke luar batas Indonesia. Tidakkah kemungkinan berkomunikasi dengan mereka yang berbeda adalah kenyataan yang mengasyikkan?

Jadi, yang harus pertama kali ditanamkan dalam hati, bahasa Inggris tidak hanya untuk lulus ujian, bahasa Inggris adalah pintu komunikasi ke dunia lain dengan manusia lain. Jadi kita tidak hanya harus menguasai bagaimana menjawab soal di lembaran kertas TOEFL tapi bagaimana menggunakannya dalam suatu interaksi sosial.

Pernah membayangkan tersesat di suatu tempat dimana tidak satu orang pun bisa mengerti permohonan tolong kita? Tanamkan dalam hati, bahasa Inggris mungkin bisa membantu kita pada saat-saat tersebut. Pernah frustasi melihat banyaknya lowongan kerja di negara tetangga yang menuntut kefasihan berbahasa Inggris? Tanamkan dalam hati, bahasa Inggris bisa membuat kita terlepas dari jerat pengangguran yang semakin ketat di Indonesia.

Kalau relasi antara bahasa Inggris dan ujian sudah bisa diputuskan, beban belajar bahasa Inggris pun akan menjadi lebih ringan. Mari belajar bahasa Inggris untuk bisa berbahasa, bukan untuk mendapatkan nilai. Caranya sangat gampang dan menyenangkan, saya sudah coba sendiri dan tidak pernah merasa bosan.

1. Perbanyak membaca buku, artikel, tulisan dalam bahasa Inggris.

Ingat, pertama-tama membaca pasti akan ada banyak kosa kata yang kita tidak kenal. Jangan menyerah. Artikan setiap kata dengan bantuan kamus, dan tulis arti kata tersebut di bawahnya. Percaya pada saya, dalam beberapa minggu, anda pun akan berhenti membuka kamus setiap 2 menit dalam membaca tulisan sejenis.

2. Perhatikan pengucapan kata.

Memang kadang sangat susah mengucapkan suatu kata bahasa Inggris dengan baik, tapi bukan berarti tidak mustahil. Jangan keras kepala dan mengucapkan suatu kata seperti halnya bahasa Indonesia. Logat tidak akan bisa hilang, tapi usahakan untuk memperhatikan pengucapan. Untuk ini yang pertama harus dilakukan adalah menguasai penguasaan abjad, dan kemudian perhatikan phonetik yang sering dicantumkan dalam kamus. Kalau masih juga bingung, bisa lihat di website Oxford English Dictionary . Penjelasan yang mereka berikan sangat jelas dan mudah dimengerti.

3. Perbanyak kosa kata anda.

Langkah pertama akan memperbanyak kosa kata anda secara tidak langsung, tapi tidak ada salahnya mendedikasikan 15 menit setiap hari untuk belajar kosa kata baru. Bisa dengan mengulang kosa kata yang didapat dari bacaan, berusaha mencerna lirik dalam musik, atau berusaha untuk menangkap dialog dalam film kesayangan. Tulis kosa kata yang anda pelajari di sebuah buku tulis khusus. Dengan begitu kosa kata tidak akan hilang dan anda akan menyadari kemajuan yang telah anda dapat. Bagi mereka yang memiliki akses email mudah, ikutilah milis Oxford English Dictionary yang akan mengirimkan satu kata dan artinya setiap hari.

4. Coba menulis dalam bahasa Inggris.

Tidak berarti harus langsung menulis karya sastra. Cukup kalimat-kalimat pendek, dan kemudian disusul dengan paragraph pendek. Lalu coba koreksi sendiri tulisan tersebut. Jangan selalu mengandalkan Word Spelling check, karena fungsi ini tidak bisa diandalkan untuk memeriksa kesalahan grammar.

Kuasailah grammar dasar dan ikuti peraturannya dengan telaten. Tidak perlu terburu-buru menulis kalimat yang panjang dan kompleks. Mulai dengan kalimat pendek dengan kosa kata yang simpel. Dengan berjalannya waktu, penguasaan grammar dengan baik dan timbunan kosa kata di bank memori anda, anda pun akan bisa menghasilkan sebuah cerpen atau blog dalam bahasa Inggris.

5. Cari teman ngobrol dalam bahasa Inggris

Pasti banyak teman anda yang juga sedang berjuang mempelajari bahasa Inggris, kenapa tidak belajar bareng-bareng? Ajak teman anda untuk meluangkan waktu berbicara bahasa Inggris dengan anda, entah sekedar ngegosip, membaca dialog atau cerita, atau berdiskusi. Kalau malu, cari tempat dan waktu dimana anda tidak akan diganggu, taman kota, lorong kampus atau kamar kost.

Kalau enggan, latihan saja sendiri di kamar. Lafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris atau baca novel kesayangan dengan lantang. Dengan melantunkan sebuah lagu kita pun jadi gampang mengingatnya. Sama dengan tulisan, dengan melantunkan sebuah puisi, kita pun akan mengingat bait-baitnya dengan lebih mudah.

6. Artikan lagu kesayangan anda.

Setiap orang pasti mempunyai lagu kesayangan. Kalau kebetulan lagu kesayangan anda dalam berbahasa Inggris, kenapa tidak coba diartikan? Akan bisa lebih menghayati lagu tersebut, dan anda pun akan menambah bank kosa kata.

7. Coba menonton film berbahasa Inggris tanpa membaca terjemahan.

Pertama-tama akan membuat pusing kepala, tapi latihan ini sangat penting. Otak anda pun akan terlatih untuk ter-set dalam bahasa Inggris. Bisa berpikir dalam bahasa Inggris akan membantu ketika anda harus mendengarkan, berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris.

28 Tanggapan

  1. please send me information to me

  2. bisa bantu nggak…cara blajar cpt bhs inggris??

  3. thanks bwat saranya, m………. maaf klo gak sopan bgt, ada saran yang laen gak? coz kyake da rada umum gt, maaf. hihihi……… please…………. bantu lg ya….??????? aq ngefans bgt m b.ing Aq jg pngan sukses dibidang itu. atahanks b4.

  4. please send me information to me

  5. please I learn Ianguage inggris because i can’t speak english perfect

  6. bisa babtu ngak car belajr bahasa inggris yang cepat, tq

  7. saya keturunan jawa, tapi saya berminat sekali untuk bisa menguasai bahasa inggris

  8. tolong beri solusinya kecuali kurrsus

  9. Thanks for your tips to me, although this method have along time ago that I heard, I would like to try again.

  10. Surprise ! I found this web
    Please help me to give millis oxford English Dictionairy for send me a word every day.

    Thanks alot for your attention

  11. Trims atas tips2nya smoga dpt meningkatkan skill bhs inggrisq

  12. Oh ya klupaan plis ada bisa ksh tahu aq website yang di dlmnya ada contoh2 conversation yg lengkap, plis !!!

  13. halo admin…salam hangat dan salam kenal… siapa yg gak pengen bisa bhs inggris seh? saya baru aja kesasar ke sini…seneng bangeeeeet.. dari dulu gak bisa2 bhs inggris seh..apalagi nulis… singkat kata makasih byk… salam juga buat slr pengunjung.

  14. hy

  15. Dalam mempelajari bahasa inggris banyak kesulitan yang dihadapi.Misalnya seperti saya , dimana saya berpikir bahwa saya harus belajar dari awal lagi atau mulai belajar dari dasarnya .Menurut saya belajar bahasa inggris itu sangatlah sulit.Mungkin kesulitan yang saya hadapi merasa terlalu mudah oleh orang yang sudah mengerti bahasa inggris dengan baik.Jadi saya ingin agar ada orang yang bisa memberikan saran kepada saya atau jalan yang termudah agar dapat mengerti bahasa inggris dengan cepat.Dan dapat menguasai kosakata dalam bahasa inggris dengan cepat.Tolong saya .Saya ingin agar kalian dapat memahami masalah yang saya hadapi dan mau membantu saya.

  16. hm..akan saya coba ya saran ini ya…kayanya menyenangkan ya cara kamu belajar bahasa inggris..dan aku yakin bisa mengikuti cara kamu ini..doain agar aku cepet lancar ya…
    thank you so much….

  17. Well, I think it’s a good tips for learning English. I learn English by myself too and I learn by reading books, learning computer by reading help tools not by reading Indonesian tutorial books. And… it works, last week one of my friend ask me to call KK Hospital in Singapore for asking some information about ENT Specialist, and… the operator understand what I was talking about and so did I. I also try to watch movies without translation text. And the last one I have English book diary.

  18. Above article, you said that one of for english fluently is write in english. Can you help me for looking for friend for communication in english through email?
    Thank you for your attention.

    Best Regard,
    Zulhairi

  19. aduhhhhhh
    saran nya bagus but aku udah sering baca.and aku masih belum bisa dengan cepat.klo ada saran yang lain yang bisa belajar dengan kilat tolong di in4masikan y!ok.thans”

  20. saya 2 kali ditawarin besasiwa ke LN: hongkong & inggris untk S2 tapi saya menolaknya karena merasa bahasa inggrisku masih morat-marist, bagaimana saya memulai kembali untuk bisa bhs inggris aktif ya, sedangkan umur saya sdh tua…saya tdk mau ketinggalan dan membuang kesempatan lagi

  21. i’m dying for a schoLarshiP!!!!!

    mau juga dunk ikiutan miLis beasiswa… T.T

    pLease send me more inFo….

    i’d be very haPpie if yoe’ll be wiLLing to heLp me.. ^^
    thankz….

  22. sebenarnya saya sudah belajar B. Inggris sejak beberapa bulan yang lalu, pada awalnya memang sulit sekali memulainya, tapi saya terus berusaha, karena saya sudah selesai S I, dan saya harus mempunyai skill di bidang Bahasa,saya melakukan semuanya, mulai dari dengerin musik, nonton TV, dengerin berita, ngobrol sama teman meskipun masih belum lancar……trus, saya sudah coba test toefl tapi score saya masih rendah…kira-kira ada saran apa buat saya biar score dan yang terpenting saya menguasainya………makasih banget.

  23. mmmm….tips ny bagus…mungkin akan berat jalaninny…tp karna bahasa inggris itu penting…I have to learn english…thanks b4

  24. Wah.. sarannya bagus sekali. Akan dicoba, meskipun sepertinya itu sulit😦

  25. makasihnya atas sarannya, setelah baca saya harus mencobanya…jujur saja saya memang tidak bisa B. Inggris.Saya merasa bahasa inggris itu susah.apalagi dalam pengucapanya….Tapi saya akan belajar mulai dari sekarang apalagi saya sebentar lagi lulus KULiah..DOa kan semoga lebih rajin lagi menghafal kosa kata…AYO SEMANGAT

  26. Saya sedang belajar grammar di Blog saya.

  27. saya orang desa tapi ingin cepet bisa menguasai bahasa inggris

  28. nice article,,
    thx bro’,,
    ^__^

Write Your Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: