Menambah kosa kata

Sering menemui kesulitan saat anda mencoba menghafal sekian banyak kosakata berbahasa Inggris? Tak perlu lagi! Cobalah lakukan strategi dan petunjuk praktis dibawah ini yang dapat membantu membangun kosakata anda!

Hubungkan: Adalah lebih mudah menghafal kosakata berdasarkan sebuah tema sama. Buatlah koneksi anda sendiri antara kosakata dan bila mungkin susunlah mereka kedalam sebuah diagram laba-laba.

Tulis: Penggunakan kosakata secara praktis dapat membantu anda agar katakata tersebut melekat di kepala anda. Tulislah kalimat-kalimat dengan menggunakan perbendaharaan katakata baru atau buatlah suatu cerita dengan memakai sekolompok kata atau ekspresi tertentu. 

Gambar: Tunjukanlah bakat seni anda dengan membuat gambar-gambar yang berhubungan dengan katakata yang sedang anda pelajari. Gambar anda tersebut dapat membantu memicu ingatan anda di masa datang.  

Lakukan dengan Tindakan: Gambarkan katakata dan ekspresi/ungkapan-ungkapan yang sedang anda pelajari melalui gerakan tubuh anda. Atau, bayangkan dan lakukan katakata dalam sebuah situasi dimana anda perlu menggunakannya.

Ciptakan: Buat rancangan/desain kartu-kartu mini dan pelajari mereka di waktu luang anda. Buatlah kartu-kartu baru setiap minggunya, tapi tetap pelajari mereka secara keseluruhan dan berkala. 

Asosiasi: Berikan warna-warna yang berbeda kepada katakata yang berbeda. Asosiasi seperti ini akan membantu anda mengingat kosakata anda nantinya.

Dengarkan: Pikirkan kata lainnya yang terdengar mirip dengan katakata yang sedang anda pelajari, terutama katakata yang rumit. Asosiasikan katakata tersebut dengan katakata yang baru untuk membantu anda dalam pengucapannya.

Pilih: Ingatlah bahwa akan lebih mudah untuk belajar bila topiknya adalah sesuatu yang menarik bagi anda. Sehingga, hati-hatilah memilih kata yang anda rasa berguna atau menarik. Sadari bahwa proses pemilihan kata itu juga merupakan suatu cara membantu anda menghafal dan mengingat!

Batasi: Jangan berusaha menghafal kamus dalam sehari! Batasi diri anda sebanyak 15 kata per hari, dan anda akan mendapatkan kepercayaan diri dan tak lagi merasa terbebani.  

Perhatikan: Perhatikan dengan seksama katakata yang anda pelajari ketika membaca atau mendengarkan sesuatu yang berbahasa Inggris.

 

Write Your Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: