Muh Irsyad Sayuti, Juara I Olimpiade Bahasa Indonesia

MENJADI jawara pada kompetisi Olimpiade Bahasa Indonesia, tidak membuat Muh Irsyad Sayuti bangga berlebihan akan prestasinya. Alasannya singkat. Siswa kelas XII IPA A SMA 3 Makassar tidak mau lupa daratan hanya karena prestasi tersebut. Bagaimana sosok Irsyad sebenarnya, dan bagaimana ia meraih prestasinya?

Prestasi yang diraih cowok jangkung ini diraihnya di Lomba Cipta baca Puisi, Olimpiade Bahasa Indonesia se Sulawesi Selatan beberapa pekan lalu. Irsyad saat itu harus bersaing dengan pesaingnya yang terbilang banyak.

“Pada babak pertama, saya mengikuti proses seleksi dengan mengerjakan soal pilihan ganda sebanyak 50 soal,” ujarnya ramah.

Lolos dari babak pertama, cowok kelahiran Makassar 24 Desember 1984, kembali melaju ke babak kedua. Di babak ini, Irsyad kembali harus beradu kecerdasan. “Saya dan pesaing lainnya menyimak wacana yang dibacakan juri lalu dituangkan ke dalam tulisan,” kata putra pasangan Sayuti Ba’as dan Sitti Amanah ini.

Babak kedua yang dijalani Irsyad tentunya tak sebatas itu saja. Masih di babak yang sama, ia harus memamparkan hasil tulisannya di hadapan juri selama lima menit untuk setiap peserta dan tanpa teks. “Dalam pemaparan tersebut peserta dinilai dari keterampilan berbicara,” sahutnya.

Meski menduduki posisi runner up di babak kedua, Irsyad tak patah arang untuk menyaingi pesaingnya yang hanya tersisa tiga orang saja. Babak terakhir yang merupakan cerdas cermat, Irsyad unggul setelah menjawab 11 soal dari soal rebutan.

Sang jawara ini pun mencoba mengkritisi pergeseran bahasa Indonesia di kalangan anak muda. “Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi mulai pudar khususnya di kalangan anak SMA. Di kalangan tersebut banyak berkembang bahasa yang tidak baku,” ulasnya yang menolak untuk difoto. Irsyad menjelaskan, kalangan remaja sering mencampur adukkan bahasa Indonesia dan bahasa inggris yang berlebihan serta campuran bahasa daerah.

Write Your Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: