Memahami materi pokok dan instruksi sebelum mengerjakan soal AcEPT

Sangat dianjurkan bagi para peserta tes AcEPT untuk mengenal atau memahami lebih jauh instruksi atau perintah yang tertera pada lembaran soal sebelum mengerjakan ujian AcEPT. Survei membuktikan bahwa dengan memahami instruksi atau perintah yang ada pada soal AcEPT akan sangat membantu peserta untuk lebih fokus pada jawaban yang akan dipilih. Saya menganjurkan kepada peserta AcEPT untuk membuat semacam summary/ringkasan singkat tentang materi pokok dan instruksinya yang akan dijelaskan di bawah ini. AcEPT atau Academic English Proficiency Test adalah sebuah tes bahasa Inggris yang dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang untuk tujuan akademik (English for Academic Purposes).  AcEPT di-design dengan mempertimbangkan fungsi bahasa Inggris di Indonesia sebagaimana diatur oleh Undang-Undang RI no 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Menurut undang-undang ini bahasa yang dipakai sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan nasional adalah Bahasa Indonesia (Pasal 29 ayat 1); sementara pemakaian bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya memiliki tujuan untuk mendukung kemampuan berbahasa asing peserta didik dalam rangka memahami pengetahuan/hasil penelitian orang lain dan menyebarluaskan pengetahuan/hasil penelitian sendiri kepada masyarakat internasional melalui jurnal ilmiah internasional. Untuk itu, sebuah tes bahasa asing yang di-design untuk kepentingan akademik di dunia perguruan tinggi Indonesia harus mempertimbangkan status dan kegunaan bahasa tersebut  sebagai instrumen untuk memahami dan atau menyebarluaskan pengetahuan/hasil penelitian kepada masyarakat internasional.

Dengan memperhatikan konsideran di atas, maka rancangan tes bahasa Inggris untuk kepentingan studi lanjut di Indonesia haruslah menguji ‘kemampuan membaca’ (Reading Comprehension) dan ‘komposisi’ (Composing Skills), ‘pengetahuan tatabahasa’ (Structure) dan ‘kosakata’ (Vocabulary), serta ‘kemahiran menyimak’ (Listening Comprehension), dengan pembobotan skor yang berbeda-beda sesuai dengan kegunaan masing-masing aspek kebahasaan itu dalam proses perkuliahan di Indonesia.

FORMAT TES

Tes terdiri dari 170 butir soal dalam bentuk multiple choice, dengan opsi jawaban A, B, C, dengan total waktu pengerjaan  + 145 menit. Adapun format tes dapat digambarkan sebagai berikut:

  • Bagian I Listening Comprehension (20 butir soal), waktu pengerjaan kurang lebih 15 menit
  • Bagian II Vocabulary (30 butir soal) dengan durasi 20 menit
  • Bagian III Grammar and Structure (40 butir soal) dengan lama waktu pengerjaan 30 menit
  • Bagian IV Reading Comprehension (40 butir soal) dengan lama waktu 40 menit, dan
  • Bagian V Composing Skills (40 butir soal) dengan lama waktu pengerjaan 40 menit.

SCORING

Hasil tes AcEPT ini digambarkan dengan menggunakan Skor dalam kisaran 61 – 426. Dalam tes AcEPT ini tidak dikenal istilah  ‘lulus’ dan ‘tidak lulus’. Keberhasilan atau kegagalan peserta tes lazimnya dikaitkan dengan target score yang telah ditetapkan sebuah perguruan tinggi. Untuk Program S2 UGM, skor minimal yang telah ditetapkan adalah 210; dan untuk program S3 skor minimal yang harus dicapai calon mahasiswa adalah 250.  Universitas lain mungkin mengatur skor minimalnya masing-masing.

PERATURAN  UMUM

  • Peserta telah datang ke tempat tes paling lambat 15 menit sebelum tes berlangsung.
  • Peserta harus menunjukkan kartu identitas yang berlaku.
  • Peserta tidak diperkenankan masuk ruang tes setelah materi tes didistribusikan kepada seluruh peserta tes.
  • Peserta tes tidak diperkenankan membawa masuk ke dalam ruang tes: buku, kamus, kertas, catatan, penggaris, kalkulator, alarm jam, telpon genggam, alat-alat pendengar, perekam, kamera atau barang apapun  selain pensil 2-B,  karet penghapus, kartu ujian, dan kartu identitas yang berlaku.
  • Peserta menempati tempat duduk sesuai dengan nomor yang telah ditentukan.
  • Peserta tunduk pada semua peraturan yang diberlakukan dalam tes AcEPT, dan bersedia menerima sanksi berupa pembatalan hasil tes apabila:
  1. Terbukti melakukan tes untuk orang lain atau menggunakan orang lain untuk melakukan tes untuk dirinya.
  2. Tidak berhasil menunjukkan tanda pengenal yang dapat diterima.
  3. Terdapat data yang tidak sama antara data yang terdapat dalam kartu identitas dan data yang diisikan dalam lembar jawab.
  4. Menggunakan cara yang tidak patut untuk mengerjakan tes seperti mencontek, membuka catatan, bertanya pada peserta lain.
  5. Berusaha untuk memberi atau menerima bantuan orang lain, berkomunikasi dengan cara apapun dengan orang lain mengenai isi materi tes

PETUNJUK PENGERJAAN SOAL

Setiap peserta tes harus mengikuti semua petunjuk pengerjaan soal yang ditulis dalam bahasa Inggris dalam buku tes. Supervisor Tes akan membacakan petunjuk-petunjuk umum  dalam bahasa Indonesia untuk memastikan bahwa semua peserta test mengerti apa yang harus dilakukan pada saat mengerjakan tes.  Adapun hal-hal yang harus diperhatikan para peserta tes pada saat tes berlangsung adalah:

Peserta harus mengerjakan ‘bagian’ yang telah ditentukan oleh Supervisor, dan tidak diperkenankan mengerjakan ‘bagian’ lain sebelum diinstruksikan untuk itu oleh Supervisor. Pelanggaran atas ketentuan ini dianggap sebagai kecurangan.

  1. Peserta memilih opsi jawaban yang dianggap benar dengan cara menghitamkan bulatan secara penuh  pada bagian yang telah disediakan dalam lembar jawaban.
  2. Peserta dapat menerka jawaban apabila tidak menemukan pilihan jawaban yang dianggap benar. Jawaban salah tidak dikenai pengurangan nilai.
  3. Peserta harus menggunakan pensil 2B untuk membuat bulatan dalam lembar jawab, dan menghapusnya hingga bersih jika ingin mengubah pilihan jawaban sebelum waktu pengerjaan selesai.
  4. Peserta tidak diperkenankan menulis atau membuat coretan apa pun dalam buku tes. Pelanggaran atas ketentuan ini dianggap sebagai kecurangan.
  5. Peserta harus berhenti mengerjakan tes ketika Supervisor tes mengumumkan bahwa waktu pengerjaan tes telah habis.
  6. Peserta harus tetap duduk di tempat ketika waktu pengerjaan habis sampai pengawas mengambili buku tes dan lembar jawaban.
  7. Peserta dapat  meninggalkan ruangan setelah Supervisor tes mempersilakan peserta tes meninggalkan ruangan.

INSTRUKSI PADA MASING-MASING BAGIAN

Part  I  Listening Comprehension

A.      Numbers 1 – 10 test your ability to understand short statements in English. Each statement will be spoken just once. The statements you hear will not be written out for you. Remember, you are not allowed to take notes or write in your booklet.

[Soal no 1 – 10 menguji kemampuan Anda memahami pernyataan pendek dalam bahasa Inggris. Masing-masing pernyataan akan dibacakan sekali saja. Pernyataan yang Anda dengar tidak akan ditulis dalam tes. Anda tidak diperkenankan membuat catatan apapun dalam buku tes]

B.      In this part you will hear five short talks. After each talk, two questions will be asked based on the information given. Answer the questions following the talk, by choosing A, B, C, or D which best answers the questions. Remember, you are not allowed to take notes or write in your test book.

[Soal no 11 – 20 menguji kemampuan Anda mendengarkan teks pendek yang dibacakan narrator. Setelah teks diperdengarkan, Anda akan mendengarkan pula dua pertanyaan mengenai isi teks. Pilihlah A, B, C, atau D yang secara tepat menjawab pertanyaan yang diajukan. Anda tidak diperkenankan membuat catatan apapun pada buku soal].

Part II Vocabulary

A.      For questions 1 – 15, choose the word or phrase in A, B, C, or D which best completes each blank space in the text.

[Untuk soal nomor 1 – 15, pilihlah kata atau frasa pada pilihan A, B, C, atau D  yang secara tepat melengkapi bagian kosong dalam bacaan].

B.      Choose the word or phrase in A, B, C, or D that best collocates (combines) with each of the underlined words or phrases in the following sentences.

[Untuk soal nomor 16 – 30, pilihlah kata atau frasa pada pilihan A, B, C, atau D yang menurut Anda berkolokasi dengan bagian yang digarisbawahi pada kalimat-kalimat berikut ini].

Part III  Grammar and Structure

A.      Sentence Completion

For questions 1 – 15, choose the word or phrase in A, B, C, or D which best completes each of the following sentences.

[Untuk soal nomor 1 – 15, pilihlah kata atau frasa pada pilihan A, B, C, atau D yang secara tepat melengkapi kalimat-kalimat berikut].

B.      Cloze Test

For questions 16 – 25, choose the word or phrase in A, B, C, or D which best completes each blank space in the text.

[Untuk soal nomor 16 – 25, pilihlah kata atau frasa pada pilihan A, B, C, dan D yang secara tepat melengkapi bagian-bagian yang kosong dalam teks bacaan].

C.      Error Identification

For questions 26 – 40, choose the word or phrase A, B, C, or D which is wrong.

[Untuk soal nomor 26 – 40, pilihlah kata atau frasa yang ‘tidak berterima’ atau ‘error’ yang terdapat  pada pilihan A, B, C, atau D]

Part IV  Reading Comprehension

Choose the best answer to each question based on the information which is stated or implied in the text.

[Pilihlah opsi yang paling tepat menjawab pertanyaan, berdasarkan informasi yang tersurat maupun tersirat dalam bacaan].

Part V Composing Skills

In this section of the test, you are required to demonstrate your ability to paraphrase sentences and to recognize language that is not appropriate for standard written English. There are five parts to this section, with special direction for each part.

[Pada bagian ini Anda diminta untuk menunjukkan kemampuan Anda memparafrasa kalimat dan mengenali bagian yang dianggap tidak baku dalam bahasa Inggris tulis. Ada lima sub bagian dengan perintah soal yang berbeda-beda].

A.      Numbers 1 – 10 contain complete and correct sentences. For each number, you are required to choose the most appropriate paraphrased sentence closest in meaning to the original one.

[Soal nomor 1 – 10 berisi kalimat yang telah lengkap dan benar. Untuk masing-masing nomor Anda diminta memilih parafrasa kalimat  A, B, C, dan D yang paling dekat artinya dengan kalimat asal].

B.      Numbers 11 – 20 contain incorrect sentences. The incorrect part of the sentence has been identified for you. You are required to find the correct option to replace the underlined part.

[Soal nomor 11 – 20 berisi kalimat yang ‘tidak berterima’. Bagian yang ‘tidak berterima’ atau ‘error’ pada masing-masing kalimat telah diberi tanda berupa garis bawah. Anda diminta mengganti bagian yang bergaris bawah dengan memilih opsi yang secara tepat mengganti bagian yang salah tersebut].

C.      Numbers 21 – 30, Choose the most appropriate and correct sentence.

[Untuk soal nomor 21 – 30, pilihlah kalimat yang ‘benar’ atau  sesuai dengan tatabahasa yang ‘berterima’ dalam bahasa Inggris].

D.      Numbers 31 – 36 contain jumbled sentences. One of the sentences has been underlined. You are required to choose the next sentence which logically follows the underlined one.

[Soal nomor 31 – 36 berisi kalimat-kalimat yang tidak disusun dengan urutan yang logis. Kalimat pertama telah digarisbawahi. Anda diminta untuk memilih kalimat berikutnya yang secara logis mengikuti urutan kalimat yang digarisbawahi].

E.       Numbers 37 – 40 contain jumbled sentences. You are required to identify the correct order to form a good paragraph.

[soal nomor 37 – 40 berisi kalimat-kalimat yang tidak disusun dengan urutan yang logis. Anda diminta untuk memilih opsi yang menujukkan urutan kalimat logis yang membentuk paragraph].

Source: http://adisutrisno.com/articles/mengenal-lebih-dekat-acept/

Write Your Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: