TOEFL® Internet-Based Test (TOEFL® iBT):Tes TOEFL Internasional

TOEFL® (Test of English as a Foreign Language™) merupakan ujian kecakapan Bahasa Inggris dalam konteks akademik yang berskala internasional. Ujian ini diperlukan sebagai salah satu kelengkapan syarat pendaftaran bagi siswa yang ingin diterima di perguruan tinggi luar negeri.

Format ujian TOEFL® Internasional yang terdahulu adalah Computer-Based Test (CBT). Namun, sejak tahun 2006 format ujian ini berganti menjadi TOEFL® Internet-Based Test (TOEFL® iBT), yang dioperasikan melalui internet. Ujian TOEFL® iBT terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu: Listening (menyimak), Reading (membaca), Speaking (berbicara), dan Writing (menulis). Komponen Structure (struktur) dari format sebelumnya saat ini sudah dihilangkan dan diganti dengan komponen Speaking (berbicara). Penggantian ini tentunya akan menjadi tantangan bagi sebagian masyarakat Indonesia yang selama ini lebih terbiasa menggunakan Bahasa Inggris secara pasif untuk berkomunikasi.

Dalam TOEFL® iBT juga terdapat Integrated Tasks, yaitu soal ujian yang dirancang sedemikian rupa sehingga peserta dapat menggunakan lebih dari satu kemahiran berbahasa secara aktif. Ujian ini dapat menjadi cerminan bagaimana sebuah bahasa digunakan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Sistem penilaian dalam TOEFL® iBT: TOEFL® iBT Score Comparison Table

Satu Tanggapan

  1. nice information

Write Your Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: